Cara Mudah Kunci Akun Twitter di iPhone

Privasimu terganggu? Kunci iPhonemu dengan tips di sini

 

Halo semuanya. Kamu pernah merasa privasi kamu terganggu saat membuka aplikasi X. Kamu padahal bukan orang terkenal atau public figure? Nah, tenang saja. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara memakai cara mudah yang akan dibagikan pada artikel ini.

Pada dasarnya untuk cara mengunci akun twitter di iPhone bisa kamu lakukan melalui settingan di App X, kmeudian kamu bisa langsung saja pilih fitur fitur ‘Protect your tweets’.

Cara mengunci akun twitter di iPhone  sebenarnya sama saja dengan cara yang dilakukan para user Android. Kamu bisa menguncinya melalui aplikasi atau situs web X (Twitter).

Dengan mengunci akun, hanya follower yang kamu setujui yang bisa melihat tweet, retweet, dan suka kamu. Jadi, tidak akan ada gangguan dari stranger.

Lalu bagaimana cara menguncinya? Jika kamu masih bingung, maka kamu bisa mengikuti beberapa langkah mengunci akun yang akan dibahas lengkap di sini. Yuk kita bahas bersama!

Cara Mengunci Akun Twitter di iPhone

Mengunci akun twitter di iPhone sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, apabila kamu masih belum tahu caranya, maka dalam artikel ini kita akan bahas dengan dua cara, yaitu melalui situs web dan aplikasinya langsung. Berikut ini panduannya:

Lewat Situs Web X

Apakah kamu ingin meningkatkan privasi akun Twitter-mu? Kalau iya, maka di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menjadikan akun Twitter-mu private melalui web:

  1. Akses akun Twitter lewat browser.
  2. Berikutnya, kamu bisa langsung saja untuk membuka menu pengaturan dengan melakukan klik ikon titik tiga.
  3. Jika sudah, maka selanjutnya kamu temukan opsi “Pengaturan dan privasi”. Lalu, kamu ketuk opsi tersebut.
  4. Langkah selanjutnya, kamu segera masuk ke bagian “Privasi dan keamanan”.
  5. Aktifkan fitur “Lindungi Tweet Kamu”. Dengan langkah-langkah di atas, sekarang hanya pengguna yang kamu setujui yang bisa melihat aktivitasmu di Twitter.

Lewat Aplikasi X

Apabila kamu ingin mengunci akun melalui aplikasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Akses aplikasi Twitter di perangkatmu.
  2. Jika sudah, maka kamu bisa ketuk ikon profilmu yang berada di sudut kiri atas layar.
  3. Setelah itu, silahkan ketuk menu “Pengaturan dan Dukungan” atau “Settings and Support”.
  4. Teruskan dengan melakukan klik opsi “Pengaturan dan privasi” (“Settings and privacy”).
  5. Masuk ke menu “Privasi dan keamanan” (“Privacy and safety”).
  6. Cari sub-menu “Audiens dan penandaan” (“Audience and tagging”).
  7. Aktifkan opsi “Lindungi Tweet Kamu” (“Protect your Tweets”). Dengan mengaktifkan fitur ini, maka hanya pengguna yang telah kamu setujui sebagai follower yang dapat melihat tweet, retweet, dan suka yang kamu lakukan.

Secara garis besarnya, proses mengunci akun Twitter secara dasarnya hampir serupa, baik kamu melakukannya lewat komputer maupun ponsel.

Manfaat Mengunci Akun Twitter

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengunci akun Twitter  yaitu memberikan lapisan ekstra privasi dan kontrol atas konten yang kamu bagikan. Beberapa manfaat utamanya antara lain:

  1. Privasi yang Lebih Baik: Hanya pengikut yang kamu setujui yang bisa melihat tweet, retweet, dan suka kamu. Ini sangat bermanfaat kalau kamu ingin membatasi siapa saja yang dapat melihat aktivitas online kamu.
  2. Kontrol atas Siapa yang Mengikuti: Kamu bisa menyaring siapa saja yang ingin mengikuti akun kamu. Ini membantu mencegah adanya spam, troll, atau akun palsu.
  3. Lingkungan yang Lebih Aman: Dengan mengunci akun, kamu merancang lingkungan yang lebih aman dan bebas dari interaksi yang tidak diinginkan.
  4. Perlindungan Data Pribadi: Informasi pribadi yang kamu berikan dalam tweet hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang kamu percayai.
  5. Fokus pada Komunitas yang Lebih Kecil: Apabila kamu ingin membangun komunitas yang lebih kecil dan intim, maka kunci akun merupakan cara yang efektif untuk melakukannya.

Singkatnya, mengunci akun Twitter memberikan kamu kontrol penuh atas siapa yang bisa melihat dan melakukan interaksi dengan konten kamu. Ini menjadi langkah yang bijaksana, khususnya jika kamu ingin menjaga privasi dan keamanan online kamu.

Cara Membuka Kunci Private Twitter

Kemudian untuk membuka kunci private X atau Twitter ini sudah dapat kamu lakukan sendiri dengan mengikuti langkah yang sama di atas. Hanya saja, jika kamu bingung, ikuti saja langkah di bawah ini.

Melalui Website

  1. Buka Browser: Akses situs web Twitter lewat browser di komputer atau laptopmu.
  2. Login: Masukkan username dan password kamu untuk masuk ke akun Twitter.
  3. Profil: Sesudah masuk, kamu ketuk foto profil yang berada di bagian atas halaman.
  4. Pengaturan dan Privasi: Klik opsi “Pengaturan dan privasi”.
  5. Privasi dan Keamanan: Cari dan ketuk menu “Privasi dan keamanan”.
  6. Lindungi Tweet Anda: Cari opsi “Lindungi tweet Kamu” dan pastikan tombol pengaktifannya sudah tidak berwarna biru (dalam keadaan tidak aktif). Kalau masih berwarna biru, geser tombol tersebut ke kiri untuk menonaktifkannya.

Melalui Aplikasi

  1. Buka Aplikasi Twitter: Buka aplikasi Twitter di smartphone kamu (Android atau iOS).
  2. Profil: Klik foto profil di bagian kiri atas layar.
  3. Pengaturan dan Privasi: Klik opsi “Pengaturan dan privasi”.
  4. Privasi dan Keamanan: Cari dan klik menu “Privasi dan keamanan”.
  5. Lindungi Tweet Kamu: Sama seperti cara melalui web, cari opsi “Lindungi tweet Kamu” dan pastikan tombolnya sudah tidak aktif.

Sesudah mengikuti langkah-langkah tadi, akun Twitter kamu akan kembali menjadi publik. Semua tweet kamu akan bisa dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi profil kamu.

Semoga bermanfaat dan terus pantau kolampedia untuk info dan tips lainnya.

Salam cerdas dan selamat mencoba!

 

 

Comments are closed.