Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Banyak yang kepo chat kamu waktu baru buka Tele? Dahlah, mending lakuin tips di artikel ini biar nggak keganggu lagi.

0

 

Halo semuanya! Masih setia menunggu kabar teknologi terbaru? Pas banget nih buat kamu yang sedang gelisah karena membuka aplikasi Telegram, dan ternyata ada yang chat kamu, padahal kamu sedang tidak ingin diganggu. Bagaimana caranya agar orang lain tidak tahu kita sedang online? Ada cara tidak ya menyembunyikan status online di Telegram? Tenang, kalian sudah membaca artikel yang benar.

Privasi adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu, utamanya dalam era digital ini. Telegram, yang merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang populer, menawarkan  fitur untuk menyembunyikan status online bagi para penggunanya.

Sebagaimana aplikasi chatting lainnya, Telegram biasanya akan memunculkan status online jika kamu sedang membuka Telegram. Kalau kamu ingin menjaga privasi kamu tidak mau terlihat online di Telegram meskipun sedang membuka aplikasi tersebut, maka di bawah ini adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan status online di Telegram.

Mengapa Status Online Disembunyikan?

Untuk sebagian orang, status online di Telegram adalah privasi. Bisa jadi juga, menghindari interaksi yang tidak diinginkan. Agar tidak terlihat online di Telegram, maka kamu harus paham dulu cara menyembunyikan status online tersebut.

Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Kalian yang penasaran langkah apa yang harus dilakukan untuk menyembunyikan status online di Telegram, berikut step by step nya.

Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Telegram di perangkat kamu. Usahakan aplikasi Telegram kamu sudah di-update ke versi terbaru ya, sehingga semua fitur privasi ada di sana.

Akses Menu Pengaturan

Jika sudah membuka Telegram, segera kamu klik tiga garis di pojok kiri atas untuk membuka menu utama.

Tap opsi  Pengaturan

Langkah selanjutnya, kamu bisa tap opsi “Pengaturan” atau “Settings” dari menu yang keluar.

Buka Privasi dan Keamanan

Pada menu Pengaturan, kamu langsung saja klik opsi “Privasi dan Keamanan” atau “Privacy and Security”.

Atur Status Online

Pada bagian privasi, kamu tap menu “Waktu Aktif dan Terlihat” atau “Last Seen & Online”.

Opsi Status

Pada menu ini, kamu nantinya akan melihat tiga opsi atau pilihan. Pertama, Semua Orang atau Everybody. Ini jika kamu klik opsi ini maka Status online dan terakhir dilihat kamu bisa dilihat oleh semua orang.

Kedua, Kontak Saya atau My Contacts. Di opsi ini Status online dan terakhir dilihat kamu hanya bisa dilihat oleh kontak yang sebelumnya sudah kamu simpan.

Ketiga, Tidak Ada atau Nobody. Kalau kamu klik opsi ini, maka Status online dan terakhir dilihat kamu tidak dapat dilihat oleh siapapun. Karena itu buat kamu yang ingin menyembunyikan status online ddi Telegram, pilihan ini adalah pilihan yang tepat.

Simpan Pengaturan

Agar sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa klik opsi “Tidak Ada” atau “Nobody” dan simpan dengan klik centang di pojok kanan atas.

Setelah menjalankan langkah-langkah tadi, maka status online kamu tidak akan terlihat oleh orang lain.

Hanya saja, harus diingat bahwa dengan menyembunyikan status online, kamu pun tidak akan bisa melihat status online orang lain.

Di samping itu, status yang keluar di profil kamu akan berupa perkiraan waktu terakhir dilihat misalnya ‘baru saja atau last seen recenlty’ dimana status ini akan hadir saat kamu terakhir kali buka Telegram antara 1 detik sampai 3 hari yang lalu. Kemudian akan muncul keterangan ‘terlihat seminggu lalu atau last seen within a week’ ketika kamu terakhir kali membuka Telegram di antara 3 sampai 7 hari yang lalu. Atau kamu juga melihat tulisan ‘terlihat sebulan lalu atau last seen within a mont’ saat kamu terakhir kali membuka Telegram antara 7 hari sampai sebulan yang lalu. Atau juga akan ada tulisan ‘tak terlihat sangat lama atau last seen a long time ago’ yang muncul kalau kamu terakhir kali buka Telegram sudah lebih dari satu bulan yang lalu.

Fitur Tambahan

Pada menu pengaturan waktu aktif dan terlihat (last seen & online), ada fitur tambahan yang unik sebab memungkinkan kamu untuk berbagi atau mengecualikan status online dengan kontak tertentu:

  1. Selalu Berbagi Dengan atau Always Share With. Di sini kamu bisa memilih kontak tertentu yang selalu bisa melihat status online kamu.
  2. Tidak Pernah Berbagi Dengan atau Never Share With. Pada pilihan ini kamu bisa memilih kontak tertentu yang tidak pernah bisa melihat status online kamu. Karena itu, ketika kamu sudah memilih kontak di menu ini, kontak tersebut tidak bisa melihat status online dan terakhir dilihat kamu walaupun kamu memilih (semua orang atau everybody) di menu pemilihan mode terakhir dilihat dan status online.

Itu tadi step by step yang bisa kamu lakukan untuk bisa menyembunyikan status online di Telegram sehingga kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat status online ekamu di aplikasi tersebut. Apabila ada bagian yang kurang dipahami, jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar yang tersedia.

Kalian bisa terus memantau website kolampedia.com untuk bisa mendapatkan update terbaru sekitar dunia teknologi dan tips-tips menarik di dalamnya yang hadir setiap hari untuk menambah ilmu dan pengethuan kamu semuanya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kalau kamu merasa bermanfaat dan agar teman kamu juga bertambah ilmu dan wawasannya.

Sampai bertemu di artikel-artikel lainnya yang pasti memberikan input dan output terbaik untuk kamu dan yang lainnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.