9 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard HP yang Bermasalah

Mungkin di antara kamu masih ada yang pakai HP dengan keyboard fisik, bukan layar sentuh? Jika ada dan mengalami eror kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah.

 

Kamu pernah kesal karena keyboard HP kamu eror? Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan sesuai pembahasan artikel kali ini.

Yup, untuk  kamu yang sedang mencari solusi tentang bagaimana cara memperbaiki keyboard HP, tenang saja. Di artikel ini, kami sudah merangkum beragam cara yang bisa kamu coba.

Kamu pengguna HP, khususnya yang perangkatnya sudah dipakai cukup lama, pasti pernah menemui masalah dengan keyboard. Baik itu keyboard yang tiba-tiba macet atau ada error, hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai pengguna smartphone, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi keyboard yang bermasalah. Ini akan mempermudah kamu dalam mengatasi perangkat sendiri tanpa perlu repot pergi ke tempat servis.

Keyboard yang bermasalah bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, sama seperti aplikasi lain. Tidak jarang keyboard bisa tiba-tiba berhenti berfungsi, dan hal ini tentu menghambat kegiatan mengetik pesan atau melakukan tugas lain yang pelu input teks.

Akan tetapi, sebagian besar pengguna kini sudah berpindah ke smartphone dengan layar sentuh, yang memberikan kemudahan dalam mengetik memakai keyboard virtual. Karenanya, saat keyboard mengalami masalah, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan secara mandiri untuk memperbaikinya.

Penyebab Keyboard HP Tidak Berfungsi

Sebelum kita masuk ke cara menangani keyboard HP, pertama-tama kamu harus mengetahui apa penyebab dari masalah ini. Dengan tahu penyebabnya, kamu bisa memilih solusi yang paling tepat.

Keyboard HP yang bermasalah umumnya terjadi secara tiba-tiba ketika kamu sedang memakainya. Beberapa penyebab umum mencakup penumpukan file cache atau bug dalam aplikasi keyboard yang kamu pakai. Berikut merupakan lima masalah keyboard yang sering terjadi:

  1. Keyboard tiba-tiba berhenti berfungsi: Teks yang kamu ketik tidak tampil di layar, dan tombol back juga tidak bisa dipakai.
  2. Keyboard tidak muncul atau hilang secara tiba-tiba: Saat kamu sedang memakai aplikasi, keyboard menghilang dari layar.
  3. Keyboard tidak bisa ditampilkan: Ketika kamu ingin mengisi kolom teks, tapi keyboard tidak tampil, sehingga kamu tidak bisa mengetik.
  4. Keyboard tidak bisa dipakai: Keyboard tidak dapat dibuka atau diatur lewat pengaturan.
  5. Keyboard mengalami force close: Keyboard tiba-tiba menutup sendiri, dan kamu memperoleh pesan “Force Close”.

Cara Memperbaiki Keyboard HP

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki keyboard HP yang bermasalah:

  1. Restart HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan restart atau muat ulang HP. Merestart HP adalah cara paling sederhana untuk menangani berbagai masalah, termasuk keyboard yang error. Tak jarang, perangkat yang sudah lama tidak direstart bisa menemui gangguan pada beberapa fitur, termasuk keyboard.

Dengan merestart HP, sistem akan kembali segar, dan masalah yang muncul bisa teratasi.

  1. Update Aplikasi Keyboard

Keyboard yang bermasalah mungkin karena bug pada aplikasi keyboard. Solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru lewat Google Play Store. Update ini tidak hanya memperbaiki bug, tapi juga menambah performa aplikasi.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Google Play Store.
  • Cari aplikasi keyboard yang kamu pakai, misalnya GBoard atau Swiftkey.
  • Klik “Update” dan tunggu sampai  selesai.
  1. Hapus Cache Aplikasi Keyboard

Salah satu penyebab keyboard yang bermasalah bisa jadi karena cache aplikasi yang menumpuk. Cache merupakan data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses, tapi tidak jarang cache yang sudah terlalu banyak bisa mengakibatkan aplikasi tidak berjalan dengan baik.

Untuk menghapus cache, ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka Pengaturan.
  • Ketuk Aplikasi.
  • Cari aplikasi keyboard yang dipakai, misalnya GBoard.
  • Klik Clear Cache, kemudian coba pakai kembali keyboard kamu.
  1. Hapus Data Aplikasi Keyboard

Menghapus data akan mengembalikan aplikasi keyboard ke kondisi default, seperti ketika pertama kali diinstal.

Langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik Aplikasi.
  • Cari aplikasi keyboard yang kamu pakai.
  • Ketuk Clear Data dan coba pakai kembali keyboard setelah data dihapus.
  1. Hentikan Keyboard Secara Paksa

Apabila keyboard macet atau lambat, stop aplikasi secara paksa bisa menjadi solusi. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik Aplikasi.
  • Cari aplikasi keyboard yang digunakan.
  • Klik Paksa Berhenti.

Sesudah itu, coba buka keyboard kembali.

  1. Ganti Aplikasi Keyboard

Kalau sesudah mencoba langkah-langkah di atas keyboard masih bermasalah, kamu dapat mengganti aplikasi keyboard yang kamu pakai dengan yang lain. Ada banyak aplikasi keyboard pihak ketiga di Google Play Store, misalnya Swiftkey, Kika Keyboard, atau lainnya.

Mengganti aplikasi keyboard juga dapat menjadi solusi jika kamu merasa bosan dengan keyboard yang sekarang.

  1. Reset HP

Kalau masalah keyboard terjadi ketika kondisi ponsel terkunci, dan kamu tidak bisa membuka kunci karena keyboard error, menjalankan reset HP bisa menjadi solusi. Reset HP akan membuat ponsel kembali ke pengaturan pabrik, tapi sebelum melakukan ini, pastikan untuk mencadangkan data penting agar tidak hilang.

  1. Perbarui Perangkat Lunak

Memperbarui sistem operasi HP kamu juga dapat membantu memecahkan masalah keyboard yang error. Perangkat lunak yang tidak diperbarui sering kali menjadi penyebab beberapa aplikasi tidak berfungsi dengan baik.

Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan.
  • Klik Tentang Perangkat.
  • Klik Pembaruan Sistem.
  • Jika ada pembaruan, instal pembaruan tersebut.
  1. Pakai Aplikasi Keyboard Pihak Ketiga

Apabila kamu sudah mencoba semua cara di atas tapi belum menemukan solusi, kamu bisa berfikir memakai aplikasi keyboard pihak ketiga yang lebih stabil.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa dengan mudah mengatasi banyak masalah yang terjadi pada keyboard HP tanpa perlu bantuan teknisi.

Semoga bermanfaat dan terus pantau kolampedia untuk info dan tips lainnya.

Salam cerdas dan selamat mencoba!

 

handphoneteknologitips