4 Cara Menambah Kapasitas iPhone, Solusi Terhindar dari Masalah Memori Penuh

Cara menambah kapasitas iPhone sebenarnya bisa saja dilakukan. Jika memakai iPhone terbaru dengan kapasitas penyimpanan 512GB, tentu masalah memori penuh tidak akan dialami.

Namun bagi pengguna iPhone yang menggunakan model lama dengan kapasitas memori yang terbatas, tampaknya dengan banyaknya aplikasi modern saat ini, ruang penyimpanan 16GB tidak akan mencukupi.

Bukan hanya 16GB, bahkan kapasitas 32GB atau 64GB saat ini sudah kurang memadai untuk menampung berbagai aplikasi, file dari WhatsApp Image, kegiatan mobilitas seperti pekerjaan atau perkuliahan, serta hiburan yang memerlukan ruang penyimpanan besar.

Jika sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan di iPhone. Simak berikut penjelasannya:

1. Gunakan Casing yang Sekaligus Memori Tambahan

Cara yang pertama untuk menambah kapasitas penyimpanan iPhone adalah dengan menggunakan casing yang juga berfungsi sebagai memori tambahan.

Salah satu merek yang menawarkan produk semacam ini adalah Mophie, yang tersedia secara luas di berbagai platform e-commerce.

Dengan casing seperti ini, kapasitas penyimpanan pada iPhone dapat diperluas dari 32GB hingga 64GB. Selain itu, casing ini juga dilengkapi dengan baterai tambahan hingga 100% sehingga dapat berfungsi sebagai powerbank.

Selain itu, ada juga casing memori dari SanDisk bernama iXpand case. Casing ini dapat menambah kapasitas penyimpanan tambahan mulai dari 32GB, 64GB, hingga 128GB.

Salah satu kekurangan penggunaan casing ini adalah ukuran iPhone yang menjadi lebih besar. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah selama masalah memori telah teratasi.

2. Menggunakan Flash Drive Memory

Cara menambah kapasitas iPhone yang kedua adalah dengan menggunakan Flash Drive memory. Jika tidak ingin ukuran Iphone jadi bengkak, penggunaan flash drive bisa menjadi solusi alternatif.

Mayoritas flash drive memori yang dirancang untuk iPhone dapat digunakan mulai dari iPhone 5 hingga model terbaru. SanDisk iXpand menyediakan opsi ini dengan kapasitas hingga 256GB untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan iPhone.

Produk ini dilengkapi dengan konektor USB standar yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkannya ke PC. LEEF iBridge juga menawarkan solusi serupa.

Kekurangan dari cara ini ini adalah flash drive yang menonjol dan tampak seperti flashdisk yang menancap dari bagian iPhone. Ini mungkin mengganggu secara estetis. Namun, kebutuhan akan penyimpanan tambahan tentu bisa diatasi.

3. Menggunakan Hard Disk Eksternal Khusus iPhone

Cara ketiga adalah dengan menggunakan hard disk nirkabel yang terhubung melalui Wi-Fi. Produk seperti ini telah tersedia secara luas, meskipun tidak semuanya kompatibel dengan iPhone.

Jika menemukan salah satu model yang mendukung iPhone, maka pengguna dapat menambahkan ratusan GB atau bahkan TB penyimpanan tambahan pada iPhone.

4. Berlangganan Storage iCloud

Penyimpanan iCloud sebetulnya merupakan opsi yang ideal untuk menyimpan file, karena kemudahan aksesnya dan tidak memerlukan perangkat keras, yang membuat risiko kehilangan dan kerusakan menjadi minimal.

Dengan memiliki perangkat Apple, pengguna sebenarnya sudah mendapatkan penyimpanan gratis 5GB di iCloud untuk menyimpan semua file. Jika 5GB tidak mencukupi, Apple menawarkan opsi tambahan mulai dari 50GB, 200GB, hingga 2TB.

Paket 200GB dan 2TB memungkinkan pengguna untuk membaginya dengan orang lain yang dipilih. Sistem iCloud ini berbasis langganan, yang berarti pengguna perlu membayar jumlah tertentu setiap bulan sesuai dengan kapasitas yang dipilih.

Nah demikianlah cara menambah kapasitas iPhone yang bisa dilakukan. Memang setiap cara ada plus minusnya. Namun dengan cara-cara tersebut kapasitas memori iPhone dapat bertambah.

iphonepenyimpanan
Comments (0)
Add Comment