Cara Mengembalikan Followers Instagram yang Terhapus

Yah, followersnya nggak sengaja kehapus? Tenang, balikin pakai cara disini ya Gaes ya.

 

Saat ini banyak sekali sosial media yang bertebaran pada perangkat smartphone. Hal ini tidak lepas dari teknologi dan inovasi dari orang-orang pintar untuk membuat gebrakan baru di dunia yang makin modern ini.

Salah satu aplikasi media sosial yang tidak hanya digunakan untuk update keeharian mereka tapi juga bisa dipakai untuk menghasilkan uang dan berbagi catatan lebih panjang adalah Isntagram. Selain itu, dengan kalian mengunggah konten yang berkualitas dan menarik, maka akan membuat pengikut atau followers kalian makin bertambah dan memungkinkan menjalin kerjasama atau collab sehingga menghasilkan pundi rupiah.

Sebagaimana kamu juga tahu, followers merupakan bagian penting dari aplikasi Instagram, sebab mereka merupakan audiens yang melihat dan berinteraksi dengan konten kamu. Tentunya ketika kamu kehilangan followers ini akan sangat mengganggu, utamanya apabila mereka terhapus secara tidak sengaja.

Tapi kalian tenang saja, karena pada artikel ini akan dibagikan beberapa cara ampuh yang bisa kalian terapkan agar bisa mengembalikan followers atau pengikut kalian di instagram.

Analisis Sebab Kehilangan Followers

Di awal langkah, sebelum kamu bisa mencoba mengembalikan followers yang terhapus, penting untuk kamu tahu kenapa followers kamu hilang.

Terdapat beberapa alasan yang umumnya terjadi. Pertama, pelanggaran Kebijakan Instagram. Mungkin saja akun followers sudah dinonaktifkan oleh Instagram kalau melanggar kebijakan yang pihak Instagram buat. Kedua, ada aktivitas tidak biasa seperti menghapus akun atau berhenti mengikuti kamu. Ketiga, bisa jadi karena ada kesalahan teknis. Contohnya ada Bug atau kesalahan dalam sistem Instagram dapat mengakibatkan hilangnya followers.

Verifikasi Akun

Pada cara ini, kamu harus memastikan akun Instagram kamu aman dan tidak ada aktivitas yang membuat Instagram curiga. Ganti password secara teratur dalam jangka waktu tertentu dan kamu bisa melakukan autentikasi dua faktor demi melindungi akun dari potensi peretasan akun instagram kamu.

Memakai Fitur Instagram

Instagram sendiri sampai saat ini menawarkan beberapa alat dan fitur yang bisa membantu kamu dapat memulihkan followers yang tadinya telah terhapus.

Kalian bisa memakai Instagram Insights agar bisa melihat analitik dan paham tren kehilangan followers. Atau kalian juga bisa memeriksa di aktivitas akun kamu dan identifikasi kalau ada kejadian yang tidak biasa dalam kehilangan followers.

Menghubungi Dukungan Instagram

Apabila kemudian kamu memang sudah yakin kehilangan followers merupakan akibat dari kesalahan teknis atau  bisa jadi karena adanya pelanggaran kebijakan yang tidak disengaja, maka kamu bisa langsung saja menghubungi dukungan Instagram. Disana kamu bisa menceritakan secara detail masalah kamu secara menyeluruh dan lampirkan bukti kalau memang itu mereka butuhkan agar memperkuat laporan kamu.

Melakukan Kampanye Media Sosial

Pada langkah ini kamu bisa melakukan kampanye media sosial kamu demi menarik kembali followers yang hilang.

Pertama, unggah konten berkualitas. Kamu bisa mengunggah konten yang menarik dan pastikan juga mempunyai kualitas yang tinggi untuk menarik kembali perhatian followers yang bisa jadi sengaja berhenti mengikuti atau bosan dengan kontenmu yang monoton.

Kedua, interaksi aktif. Kamu mulai bangun chemistry dengan followers kamu dengan cara melakukan interaksi dengan audiens kamu lewat komentar, likes, dan pesan langsung. Kamu juga bisa langsung membalas DM yang mereka kirimkan sebagai bukti bahwa kamu seseorang yang menarik.

Ketiga, kolaborasi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara melakukan kerja sama dengan influencer atau akun lain untuk makin meluaskan jangkauan akun kamu baik kepada followers lama ataupun di luar pengikut kamu.

Promosi Akun

Di cara ini, kamu bisa memaksimalkan usaha untuk memakai fitur promosi berbayar pada aplikasi Instagram untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan menarik kembali followers yang hilang.

Cara promosi ini dapat kamu lakukan lewat iklan yang menarik dengan memberikan banyak keunggulan dan keunikan akun kamu. Kamu juga bisa mempromosikan postingan tertentu untuk meningkatkan visibilitas akun kamu, Gaes.

Promosi Akun di Platform Lain

Cara lain yang bisa kamu ;lakukan adalah dengan melakukan promosi akun Instagram kamu di platform media sosial lainnya misalnya Facebook, Twitter, atau TikTok. Dengan kamu menambah luas jangkauan kamu di banyak platform, ada kemungkinan lebih banyak kalau kamu bisa menarik kembali followers yang hilang.

Melakukan Analisis Terhadap Kompetitor

Bukan hanya pada bisnis, bahkan pada media sosialmu, kamu juga bisa melakukan analisi terhadap pesaing atau competitor akun kamu, Gaes.

Kamu harus belajar dari akun kompetitor yang punya audiens serupa. Analisis strategi mereka ketika menarik dan mempertahankan followers dapat memberi kamu ide atau inspirasi untuk meningkatkan strategi kamu sendiri pada akun kamu.

Adanya Konsistensi

Disini, memang untuk konsistensi merupakan kunci dalam menarik dan mempertahankan followers.

Agar kamu tidak kehilangan followers lagi, kamu bisa melakukan beerapa triks berikut. Pertama, melakukan posting secara teratur dan konsisten. Kedua, jaga tema dan gaya posting kamu di Instagram, karena ini bisa menarik followers yang sesuai dengan niche kamu.

Feedback dari Followers

Di akhir, kamu bisa meminta feedback dari followers mengenai jenis konten yang mereka sukai. Misalnya, lewat polling di stories agar ada feddback langsung. Kamu juga melihat komentar dan pesan langsung agar paham preferensi audiens kamu.

Sejatinya, mengembalikan followers Instagram yang terhapus butuh pendekatan yang yang runut dan profesional. Dengan kamu tahu sebab kehilangan followers, memanfaatkan alat di Instagram, dan menggunakan strategi pemasaran yang efektif, maka kamu bisa menarik kembali audiens kamu dan menjaga pertumbuhan akun kamu.

Ingat juga untuk selalu menjaga keamanan akun dan berinteraksi secara aktif dengan followers agar terbangun komunitas yang loyal.

Comments (0)
Add Comment