Penyebab Facebook Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

FB susah sekali dibuka? Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi, atau mengunduh aplikasi pembersih agar memori di HP tidak full dan aplikasi FB bisa dijalankan kembali

 

Apakah kamu pernah mengalami masalah ketika tidak bisa membuka Facebook? Facebook sendiri merupakan  salah satu media sosial terbesar di dunia dengan jutaan sampai miliaran pengguna yang masih aktif.

Pada tahun 2016, Mark Zuckerberg merilis beberapa fitur unik untuk dipakai di Facebook, seperti fitur emoticon senyum yang bisa dipakai untuk mengekspresikan perasaan pada status, foto, atau video yang diunggah pengguna lainnya.

Tetapi, meskipun popularitas Facebook terus meningkat, khususnya di Indonesia, aplikasi ini tidak lepas dari banyak masalah. Di samping bisa diakses lewat aplikasi browser, Facebook juga menyediakan aplikasi bernama Facebook Lite, yang sering kali mengalami masalah seperti error atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Mengapa Facebook Tidak Bisa Dibuka?

Salah satu penyebab utama mengapa aplikasi Facebook tidak dapat dibuka yaitu adanya error yang tampil bersamaan dengan pesan pop-up smacam “Sayangnya Facebook Lite telah berhenti” atau “Unfortunately Facebook has stopped.” Pesan ini umumnya mengakibatkan aplikasi berhenti tiba-tiba atau tidak dapat dibuka sama sekali.

Penyebab umum lainnya yaitu penumpukan cache atau memori RAM yang sudah penuh, yang tidak hanya membuat eror aplikasi Facebook tetapi juga aplikasi lain seperti Instagram, LINE, WhatsApp, dan sebagainya.

Untuk menangani masalah ini, di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kamu coba.

  1. Restart Aplikasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan restart smartphone. Dengan cara ini, kemungkinan besar aplikasi Facebook dapat kembali normal, khususnya jika masalahnya karena RAM yang penuh atau kinerja smartphone yang melambat. Tetapi, jika cara ini tidak berhasil, coba metode berikutnya.

  1. Periksa Konektivitas

Langkah kedua yaitu mengecek konektivitas internet pada smartphone. Coba cek apakah data internet di smartphone kamu berguna dengan baik dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Play Store, atau aplikasi lainnya. Kalau aplikasi lain berjalan lancar, maka bisa dipastikan masalahnya ada pada aplikasi Facebook.

Apabila Facebook mengalami masalah semacam tidak dapat memuat atau terus-menerus dalam keadaan loading, periksa kembali paket data kamu dan pikirkan untuk mengaktifkan mode pesawat terbang untuk mencari jaringan baru.

  1. Gunakan VPN

Saat ini, sering terjadi pembatasan sementara oleh pemerintah pada akses ke media sosial, yang bisa menjadi alasan mengapa Facebook tidak dapat dibuka. Dampaknya, kamu mungkin tidak bisa mengirim atau melihat video dan foto, hanya teks yang bisa dilihat.

Untuk menangani ini, kamu bisa memakai VPN yang berfungsi untuk meredirect IP ponsel ke server luar negeri, seperti Singapura, India, Belanda, Amerika, atau negara lainnya. Tapi, perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu efektif dan bergantung pada kebijakan pemblokiran yang sedang berlaku.

  1. Hapus File Cache

Langkah keempat yaitu menghapus cache aplikasi yang mungkin menjadi penyebab utama Facebook tidak bisa dibuka. Cache sebenarnya begruna untuk meningkatkan performa smartphone, khususnya ketika membuka aplikasi tertentu. Tetapi, penumpukan cache yang berlebihan juga bisa berdampak buruk.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus file cache di smartphone:

  • Buka menu “Pengaturan”
  • Kemudian, kamu bisa langsung saja ketuk opsi “Setelan Tambahan”
  • Jika sudah, maka lanjutkan dengan melakukan ketuk opsi “Manajemen Aplikasi”
  • Cari aplikasi “Facebook”
  • Terakhir, kamu bisa langsun saja klik opsi “Hapus Cache”.
  1. Paksa Berhenti dan Hapus Data Facebook

Aabila cara sebelumnya tidak berhasil, coba hentikan aplikasi secara paksa dan hapus data dari aplikasi tersebut. Menghapus data akan menghapus data login, basis data, cache, history, setelan, dan lainnya secara permanen.

Di bawah ini merupakan cara menghapus data aplikasi Facebook:

  • Buka menu “Pengaturan”
  • Jika sudah, maka kamu bisa ketuk opsi “Setelan Tambahan”
  • Lanjutkan dengan melakukan klik pada opsi “Manajemen Aplikasi”
  • Cari aplikasi “Facebook”
  • Langkah terakhir, segera ketuk opsi “Paksa Berhenti” lalu “Hapus Data”.
  1. Update Aplikasi Facebook

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memperbarui aplikasi Facebook ke versi terbaru. Selain memperoleh fitur-fitur baru, pembaruan juga dapat memperbaiki berbagai error atau kerusakan pada aplikasi.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi Facebook:

  • Buka Google Play Store
  • Cari aplikasi “Facebook”
  • Kemudian, kamu bisa langsung melakukan klik opsi “Update” dan “Terima”.
  1. Install Ulang Aplikasi Facebook

Apabila semua metode di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa kamu coba adalah menghapus aplikasi Facebook dan menginstalnya kembali. Dengan menghapus aplikasi, membersihkan cache, merestart smartphone, dan mengunduh ulang aplikasi Facebook dari Google Play Store, kamu bisa memperoleh aplikasi yang segar dan bebas dari error.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk menghapus aplikasi Facebook:

  • Buka menu “Pengaturan”
  • Langkah berikutnya, kamu bisa klik opsi “Setelan Tambahan”
  • Jika sudah, maka berikutnya silahkan ketuk opsi “Manajemen Aplikasi”
  • Cari aplikasi “Facebook”
  • Di akhir, kamu klik opsi “Hapus Instalasi”.

Itu tadi tujuh cara yang kami sarankan jika aplikasi Facebook kamu tidak bisa dibuka seperti biasanya. Untuk mengatasi masalah serupa di masa mendatang, sebaiknya kamu mengunduh dan menginstal aplikasi pembersih seperti Cleaner, Clean Master, Go Speed, 1 Tap Cleaner, dan lainnya.

Aplikasi pembersih ini bisa membantu meningkatkan performa smartphone sehingga bisa bekerja lebih ringan dan cepat.

Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu dan teman-teman yang menemui masalah serupa. Kalau ada pertanyaan atau hal yang ingin disampaikan, tulis di kolom komentar di bawah ini.

Terus pantau kolampedia untuk mendapatkan pembaruan berikutnya berupa info dan tips terbaru yang hadir setiap hari di website ini.

Sampai bertemu di artikel lainnya.

Salam cerdas!

 

appsteknologitips