2 Cara Cek Plagiarisme di Word Untuk Menghindari Plagiat Karya

Mengecek plagiarisme dalam teks yang diciptakan melalui Microsoft Word merupakan aspek yang signifikan terutama ketika tulisan tersebut berhubungan dengan tugas yang esensial. Mencari tahu tentang cara cek plagiarisme di word sebenarnya mengharuskan untuk bergantung pada situs web karena Word tidak dilengkapi dengan alat untuk itu.

Beragam situs web dan aplikasi tersedia untuk memeriksa keaslian sebuah tulisan yang dihasilkan melalui Word. Berikut adalah cara cek plagiarisme di word dan mengikuti langkah-langkahnya:

Alur Cek Plagiarisme Yang Ada Di Dokumen Word

Apabila selesai menulis di dalam program Microsoft Word atau ada sebuah dokumen baru yang telah disusun menggunakan aplikasi tersebut, penting untuk melakukan pemeriksaan tingkat plagiarisme. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pemeriksaan tersebut:

  • Pilihlah alat untuk memeriksa plagiarisme. Dokumen Word yang telah selesai disiapkan dapat disimpan langsung ke dalam perangkat komputer. Kemudian, carilah alat yang sesuai untuk melakukan pemeriksaan plagiarisme dari dokumen yang telah disimpan tersebut.
  • Jalankan pemeriksaan plagiarisme menggunakan alat yang telah dipilih. Setelah menentukan alat yang paling cocok dengan kebutuhan pemeriksaan plagiarisme dokumen Word, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan. Ikuti cara cek plagiarisme di word tersebut dengan seksama.
  • Periksa hasil dan lakukan perbaikan. Jika setelah pemeriksaan terdeteksi adanya plagiarisme, segera lakukan perbaikan pada bagian yang terindikasi. Setelah melakukan perbaikan, lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan tingkat plagiarisme telah berkurang atau tidak ada lagi.

Cara Cek Plagiasi Dokumen Word

Di antara berbagai alat pemeriksa plagiarisme yang tersedia, terdapat dua platform daring yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa tingkat kemiripan dalam dokumen Word. Berikut ini adalah dua rekomendasi situs untuk melacak plagiarisme:

1. Cek Plagiasi Dengan PlagScan

Untuk mengetahui tingkat plagiasi dalam sebuah dokumen Word, pengguna dapat memanfaatkan layanan PlagScan. Hasil analisis plagiarisme yang diperoleh dari PlagScan dapat menjadi panduan dalam menilai kualitas tulisan. Berikut langkah-langkah penggunaan PlagScan untuk melacak plagiarisme:

  • Kunjungi situs web PlagScan dan daftarlah untuk membuat akun.
  • Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke halaman pencarian plagiarisme.
  • Unggahlah teks dengan menyalin dan menempelkan seluruh isi atau mengimpor file langsung ke dalam platform.
  • Setelah yakin bahwa dokumen atau teks telah terunggah ke platform, klik tombol Check untuk memulai proses pengecekan plagiarisme.
  • Tunggulah hingga proses selesai dan hasilnya muncul, lalu pilih opsi Report.
  • Pengguna akan diberikan laporan tentang status plagiasi serta penandaan merah pada bagian yang terdeteksi sebagai plagiat.

2. Duplichecker Untuk Cek Plagiat

Ada alternatif lain selain PlagScan, yaitu Web Duplichecker, yang kerap dipakai untuk memeriksa tingkat plagiat artikel sebelum diunggah ke berbagai platform. Penggunaannya pun cuma-cuma dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan dokumen Word yang hendak diperiksa sudah tersimpan di laptop atau komputer.
  • Kemudian, buka situs Web Duplichecker atau ketik saja namanya di kolom pencarian, lalu akan muncul tautan menuju situs tersebut.
  • Teks bisa dimasukkan dengan menyalinnya atau memuatnya dalam format dokumen Word.
  • Jika memilih memuat dalam format dokumen, klik Pilih Berkas.
  • Lalu, pilih file Word yang ingin diperiksa plagiatnya.
  • Setelah file dimuat, centang kotak Captcha terlebih dahulu, lalu klik Periksa Plagiat.

Itulah cara cek plagiarisme di word menggunakan Web Duplichecker secara sederhana. Dengan memastikan tingkat plagiat yang rendah, kualitas tulisan akan meningkat.

Leave a Comment