Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung Serta Pahami Penyebabnya

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung memang banyak yang belum paham. Oleh karena itu pada uraian ini akan dibahas mengenai cara memperbaiki kipas angin yang tidak dapat berputar serta berdengung dengan mudah dan detail.

Seperti yang diketahui bahwa kipas angin yang tidak dapat berputar dan berdengung memang sangat mengganggu, apalagi saat badan kegerahan namun kipas angin tidak dapat digunakan normal. Bagi yang penasaran dengan cara memperbaikinya mak langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Sebelum masuk ke cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung, perlu diketahui dahulu penyebab penyebabnya. Untuk mengetahui jelasnya maka simak dibawah ini mengenai penyebab yang menyebabkan kipas angin tidak berputar dan berdengung:

1. Bearing atau Bushing Kipas Angin Sudah Haus

Salah satu alasan utama kipas angin berhenti berputar dan mengeluarkan suara dengung adalah karena bearing atau bushing pada kipas sudah aus. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa menggantinya dengan yang baru. Periksa jumlahnya, kemungkinan pengguna perlu mengganti bagian depan dan belakangnya.

2. As Motor Kipas dengan Stator Sudah Tidak Tengah-tengah

Kipas angin yang tidak berputar dan mengeluarkan suara dengung mungkin disebabkan oleh as motor kipas yang tidak lagi sejajar dengan stator (piringan yang berisi spul). Hal ini terjadi karena motor depan dan belakang sudah penyok, sehingga as motor menempel pada stator.

Solusinya bukan hanya mengganti bearing, tapi juga mengganti satu set casing (rumah motor yang sudah memiliki bearing) bagian depan dan belakang.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Setelah mengetahui penyebabnya, kini akan dibahas cara memperbaikinya. Untuk caranya memperbaikinya cukup mudah jika diperhatikan dengan teliti. Inilah cara memperbaikinya:

1. Bongkar Kerangka Kipas Angin

Proses ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu memanggil teknisi. Pertama-tama, pastikan kipas angin dalam keadaan mati untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, lepaskan baut-baut yang mengunci dinamo kipas angin. pengguna bisa menggunakan obeng yang sesuai untuk melepaskan baut dengan hati-hati. Perhatikan setiap langkah dengan seksama agar tidak ada bagian yang rusak atau hilang. Jika perlu, dokumentasikan setiap tahapan dengan foto agar memudahkan proses perakitan kembali.

2. Melihat Penutup Dinamo

Untuk memperbaiki kipas angin yang tidak berputar ke kanan atau kiri, periksa penutup dinamo terlebih dahulu. Buka penutup dinamo, lepaskan bautnya, dan keluarkan stator dengan hati-hati agar tidak merusak gulungan yang bisa menyebabkan kipas tidak berfungsi.

3. Membersihkan Kipas Angin

Langkah ini tergolong mudah namun sangat penting untuk menjaga kinerja kipas angin tetap optimal. Seringkali, debu dan kotoran yang menumpuk menjadi penyebab kipas angin tidak berputar dengan lancar.

Pertama, lepaskan penutup baling-baling dan bersihkan dengan air mengalir. Pengguna bisa menggunakan keran atau shower untuk menyiram penutup secara menyeluruh sehingga debu dan kotoran bisa terlepas dengan cepat. Selain itu, gunakan spons dan sabun untuk membersihkan penutup agar lebih bersih dan higienis. Setelah selesai, biarkan penutup baling-baling kering sepenuhnya sebelum dipasang kembali.

Selanjutnya, bersihkan baling-baling kipas angin. Debu seringkali menumpuk di bagian ini sehingga menghambat pergerakan baling-baling. Gunakan kain lembab atau spons yang sudah diberi sabun untuk mengelap setiap baling-baling. Pastikan semua debu dan kotoran terangkat dengan baik.

Setelah dibersihkan, biarkan baling-baling kering dengan sendirinya sebelum pengguna memasangnya kembali ke rangka kipas angin. Perawatan rutin ini tidak hanya membuat kipas angin bekerja lebih efisien tetapi juga memperpanjang umur perangkat tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung. Pada penjelasan yang disebutkan di atas tadi terdapat juga penyebabnya. Jika ingin memperbaiki maka perhatikan langkah langkahnya dengan teliti supaya kipas angin dapat digunakan dengan normal.

Leave a Comment